Pages

Minggu, 06 Mei 2012

Hujan dengan segala keindahannya

anyeonghaseyo  ^^
naneun Mita Imnida
artwork by Mita


ya seperti singkatan namanya "RABOW" yap kali ini Aku akan membahas salah satu kesukaan Aku yaitu HUJAN . hahaha siapa sih yang ga kenal HUJAN? itu loh si RAIN anak pak Awan wkwkwk *ngaco
daripada semakin ga jelas dan ngaco silahkan liat pengertian Hujan menurut Om Wikipedia



1. Pengertian Hujan

Hujan adalah sebuah presipitasi berwujud cairan, berbeda dengan presipitasi non-cair seperti salju, batu es dan slit. Hujan memerlukan keberadaan lapisan atmosfer tebal agar dapat menemui suhu di atas titik leleh es di dekat dan di atas permukaan Bumi. Di Bumi, hujan adalah proses kondensasi uap air di atmosfer menjadi butir air yang cukup berat untuk jatuh dan biasanya tiba di daratan.
Bentuk butir hujan menurut ukurannya 

Hujan rata-rata jangka panjang menurut bulan

Dua proses yang mungkin terjadi bersamaan dapat mendorong udara semakin jenuh menjelang hujan, yaitu pendinginan udara atau penambahan uap air ke udara. Virga adalah presipitasi yang jatuh ke Bumi namun menguap sebelum mencapai daratan; inilah satu cara penjenuhan udara. Presipitasi terbentuk melalui tabrakan antara butir air atau kristal es dengan awan. Butir hujan memilik ukuran yang beragam mulai dari pepat, mirip panekuk (butir besar), hingga bola kecil (butir kecil). (from : Wikipedia)



Hujan juga dapat membawa kebahagiaan dan dianggap menenangkan serta memiliki estetika yang dinikmati masyarakat - Wikipedia






iya Hujan, apa sih arti hujan bagi kalian?
kalo bagi admin mita hujan tuh punya makna yang begitu besar banget , orang mengenal hujan mengidentikannya sama GALAU hahaha tapi kadang bener sih tapi disisi lain Hujan tuh menyejukan , Hujan dapat menenangkan hati yang gelisah memadamkan panas kemarahan . pokoknya kalo ada Hujan pasti bawaannya adem. Hujan itu menarik selalu diawali dengan langit yang berwarna abu-abu kehitaman terus turunlah rintik demi rintik air yang jatuh membasahi tanah yang kering karena kena panas , udah gitu hujan punya bau yang khas biasanya aku bilang itu bau tanah yang basah




Hujan membasahi dedaunan meninggalkan butir demi butir sisa rintiknya.



Hujan meninggalkan jejak tanah yang becek,





 dan Hujan meninggalkan jejak mengembun pada kaca jendela kamar. Dan itu keren banget!


Selain itu juga banyak banget kenangan bareng Hujan, dan Hujan adalah gulungan film pemutar kenangan. percaya atau tidak Hujan bisa menghadirkan memori kenangan masa lalu. dalam setiap rintiknya seakan terdapat senyawa kenangan. 

paling enak kalo hujan tuh berjalan di tengah jalanan yang becek, menikmati setiap jengkal air hujan yang membasahi tubuh. pokoknya indah sekali . 
dan lewat hujan-lah Aku ingin dikenang nantinya :) 

oh ya, suara rintik hujan juga adalah simfoni yang paling indah. Hujan seakan bercerita atau bahkan menyanyi merdu. nyanyiannya hanya dapat didengar bagi mereka yang merindu 

Dan setelah googling sana sini Aku menemukan  
11 FAKTA MENARIK TENTANG HUJAN, yap silahkan disimak ya :)


1. Rata-rata kecepatan jatuhnya air hujan hanyalah 8-10 km/jam.

2. Air jatuh ke bumi dengan kecepatan yang rendah karena titik hujan memiliki bentuk khusus yang meningkatkan efek gesekan atmosfer dan membantu hujan turun ke bumi dengan kecepat-an yang lebih rendah. Andaikan bentuk titik hujan berbeda, atau andaikan atmosfer tidak memiliki sifat gesekan (bayangkan jika hujan terjadi seperti gelembung air yang besar yang turun dari langit), bumi akan menghadapi kehancuran setiap turun hujan.
 


3. Ketinggian minimum awan hujan adalah 1.200 meter.
4. Efek yang ditimbulkan oleh satu tetes air hujan yang jatuh dari ketinggian tersebut sama dengan benda seberat 1 kg yang jatuh dari ketinggian 15 cm.

5. Awan hujan pun dapat ditemui pada ketinggian 10.000 meter.


6. Dalam satu detik, kira-kira 16 juta ton air menguap dari bumi.

  
 7. Jumlah ini sama dengan jumlah air yang turun ke bumi dalam satu detik. Dalam satu tahun, diperkirakan jumlah ini akan mencapai 505x1012 ton. Air terus berputar dalam daur yang seimbang berdasarkan “takaran”.


8. Butiran air hujan berubah bentuk ratusan kali tiap detik.


 
9. Kalau butiran air hujan itu dibekukan akan membentuk keping kristal yg indah, tidak seperti air biasa yang di bekukan di freezer/kul_kas.


10. Setelah hujan turun, tanah, ilalang, rerumputan akan mengeluarkan bau wangi yg khas, senyawa ini dinamakan 'petrichor'.


11. Dan fakta terakhir yang paling misterius dan mengejutkan ilmuan. Hujan memiliki kemampuan untuk menghipnotis manusia untuk me-resonansi-kan ingatan masa lalu. Dan tanpa bisa mendapatkan bukti ilmiah, para ilmuan hanya bisa menyimpulkan “Di dalam hujan, ada lagu yang hanya bisa didengar oleh mereka yg rindu”. Dan pada titik ini, para ilmuan meyakini bahwa manusia biasanya mendapatkan inspirasi..

gimana gimana?
keren kan?
Itulah mengapa Hujan begitu Indah :)

oke sekian dan Kamsahamnida ^^

Sumber tulisan : Wikipedia , Google
Sumber gambar : google

2 komentar:

  1. ...hujan gerimis emang saat-saat yang paling indah :" #apasih

    gambarnya bagus <3

    BalasHapus